Prosedur

Prosedur & Tahap Pembayaran

TAHAP I

Klien memberikan data-data yang diperlukan via email ke mdarsitektur@gmail.com Atau whatsapp ke 08529188605 berupa :

  1. Lokasi lahan
  2. Ukuran / dimensi tanah (sket/scan/softcopy hasil ukur bahan)
  3. GSB Bangunan (batas-bataslahan yang boleh dibangun)
  4. Gaya desain atau style rumah yang disukai (Classic,Modern,Tropis,Kontemporer, dll)
  5. Rencana Budget untuk bangunan (<1M,1-5M,>5M)
  6. Rincian Kebutuhan ruang serinci mungkin. Contoh : Jumlah kamar tidur, ruang tamu., dapur , laundry area jemur dll.

Kami akan mengajukan biaya berdasarkan perkiraan luasan bangunan yang sekiranya diperlukan berdasarkan keinginan klien.

Pembayaran tahap I /DP sebesar 30%. Jika klien menyetujui penawaran maka klien akan membayar DP 30% dari total biaya desain ke rekening atas nama pimpinan MD Studio Architect kemudian survey ke lokasi dilakukan (jika diperlukan)

Start konsep denah. Konsultasi lanjutan dimulai (konsultasi mengenai konsep denah) dan pembuatan konsep denah menggunakan software Autocad. Tahap ini sangatlah penting. Denah adalah sebuah konsep yang paling penting dalam suatu desain bangunan karena dengan inilah yang akan dijadikan acuan utama untuk membuat 3D dan gambar teknis. Khusus pada tahap ini.Revisi denah dipersilakan dan tidak dibatasi. Setelah konsep denah disetujui. Selanjutnya adalah Pembuatan 3D Model (Masuk ke tahap II)

TAHAP II

Klien melakukan pembayaran tahap II sebesar 50% dari total biaya desain untuk pembuatan 3D Modelling (tanpa render)

  1. Gambar model tiga dimensi (3D) versi 3D sketch (belum render). Untuk menentukan ketinggian bangunan, bentuk bangunan, serta style bangunan.
  2. Gambar 3D exterior , dimana klien akan dibuatkan 10-20 view bangunan untuk mempresentasikan tampilan bangunan dan suasana exterior bangunan.
  3. Gambar 3D interior dan isometri dimana klien akan dibuatkan 5-10 view interior untuk mempresentasikan tampilan interior , posisi furniture dan suasana pencahayaan ruangan.
  4. Video animasi Model tiga dimensi sangatlah penting dalam perencanaan tata ruang. Dengan teknologi 3D klien yang awam mengenai teknis bangunan pun akan memilki pemahaman lebih baik terhadap bentuk bangunan bak exterior maupun interior sehingga dapat ,menghindarkan salah paham antara klien Arsitek maupun kontraktor pada tahap ini jika belum cocok dengan bentuk bangunan klien pun dapat melakukan revisi baik revisi denah maupun revisi bentuk bangunan.

TAHAP III

Klien melakukan pembayaran tahap III / Pelunasan sebesar 20% dari total biaya. Desain untuk pembuatan :

  1. Gambar 3D Render view halus (vray) : a. Exterior b. Interior
  2. Gambar kerja/ Gambar teknis yang diperlukan oleh tim pelaksana/kontraktor/pemborong sebagai acuan dalam proses pembangunan: a. Gambar teknis arsitektur b. Gambar teknis struktur (pondasi,pembesian,dll) c. Gambar teknis MEP (Mekanika,elektrikal, dan plumbing)
  3. Video animasi render halus Lumion
  4. RAB (Rencana Anggaran Biaya)
  5. Penyerahan file final yang akan diberikan adalah : a. 1 jilid print out A3 Gambar teknis/ Gambar kerja. b. 1 CD/DVD dengan softcopy dari semua file yang telah disepakati.

Pada tahap ini tidak diperkenankan lagi revisi. Jika semua file sesuai penawaran sudah diterima oleh klien maka tahap desain dinyatakan telah selesai. Dan klien siap melakukan tender atau menggunakan jasa kontraktor sesuai pilihan . Bagi yang memerlukan kontraktor di wilayah jogja bisa menghubungi kami.

Banyak orang berpikir bahwa gambar 3D sudah bisa digunakan untuk acuan membangun, padahal kebanyakan TIDAK, gambar 3D adalah sebuah visualisasi bentukan bangunan yang direncanakan dengan bentuk mendekati asli. Sedangkan untuk mewujudkan bangunan seperti rencana diperlukan GAMBAR TEKNIS untuk detail bangunan seperti elevasi,detail struktur pembesian, detail kusen,listrik,intalasi air dan masih banyak lagi.